Kilang LNG Terbesar RI Terancam Kehabisan Gas

Yura Syahrul
22 Juli 2015, 09:25
www.badaklng.co.id
www.badaklng.co.id
Kilang Badak NGL di Kalimantan Timur

KATADATA ? PT Badak Natural Gas Liquefaction (NGL) tengah mencari pasokan baru gas untuk mengamankan produksi gas alam cair (liquid natural gas/LNG) kilang Badak di Bontang, Kalimantan Timur. Jika tidak ada ada pasokan baru, kilang LNG tertua dan terbesar di Indonesia ini bakal berhenti beroperasi sekitar dua tahun lagi.

?Nasib Badak NGL akan seperti kilang Arun yang kehabisan pasokan gas,? kata Presiden Direktur Badak NGL, Salis S. Aprilian kepada Katadata beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut dia, penyebab utama penurunan produksi LNG di kilang Badak adalah pasokan gas dari sejumlah blok migas di Kaltim semakin seret. Sekadar informasi, kontraktor pemasok gas untuk kilang Badak adalah Total E&P Indonesie sebesar 81 persen, Vico Indonesia 16 persen dan Chevron Indonesia 3 persen.

Namun, Badak NGL tidak ingin mengulang nasib ?saudara sebayanya?, PT Arun NGL, yang berhenti memproduksi LNG pada tahun lalu karena kehabisan pasokan gas dari ExxonMobil.

Sejak 2015, agar tetap bisa dimanfaatkan, kilang LNG Arun tidak lagi berfungsi sebagai penghasil LNG. Namun, Pertamina mengubah fungsinya menjadi terminal penerima dan regasifikasi LNG. Di terminal regasifikasi ini, pasokan LNG yang diperoleh dari ladang gas, seperti lapangan Tangguh, Papua, diubah menjadi gas untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Nanggroe Aceh dan Sumatra bagian Utara.

Akan halnya Badak NGL, Kaltim. Sejak mencapai puncak produksi sebesar 22,5 juta metrik ton LNG pada 2001, produksi Badak NGL terus menurun. Tahun lalu, produksinya tinggal 18,2 juta metrik ton dan diperkirakan turun lagi pada tahun ini. Sejalan dengan turunnya pasokan dan produksi LNG, Badak NGL telah mengurangi pengoperasian train (pengolahan) LNG dari delapan train menjadi empat train dalam lima tahun terakhir. Bahkan, tahun depan, Badak NGL hanya mengoperasikan tiga train.

Halaman:
Reporter: Manal Musytaqo
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...