Lebaran, BI Prediksi Inflasi Juli Paling Tinggi 0,6 Persen

Safrezi Fitra
22 Juli 2015, 16:28
inflasi.jpg
KATADATA/ Arief Kamaludin

KATADATA ? Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi sepanjang sebelum dan setelah hari raya Idul Fitri masih rendah. Meski ada momen lebaran, BI memperkirakan inflasi bulan ini tidak lebih dari 0,6 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan hasil survei BI pada pekan pertama Juli mencatat inflasi sebesar 0,46 persen. Dia yakin hingga akhir bulan inflasi masih berada dalam kisaran angka tersebut. Jika lebih besar pun, paling tinggi hanya akan mencapai 0,6 persen.

"Inflasi di bulan Juli, kalau seandainya bisa 0,46 persen seperti minggu pertama Juli, sampai dengan 0,6 persen," kata Agus di Gedung BI, Jakarta, Rabu (22/7).

Prediksi BI ini jauh lebih rendah dari inflasi sepanjang lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Juli tahun lalu mencapai 0,93 persen. Sementara pada periode lebaran tahun 2013 dan 2012, angka inflasinya mencapai 1,12 persen dan 0,95 persen.

(Baca: Inflasi Lebaran Tahun Ini Mungkin Terendah dalam Lima Tahun)

Menurut Agus, inflasi lebaran pada tahun ini lebih rendah dari tahun sebelumnya, karena keberhasilan pemerintah mengendalikan harga. Keberhasilan ini sudah terlihat pada bulan lalu, yang sudah memasuki bulan Ramadhan, dengan inflasi yang hanya 0,54 persen, sedikit lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 0,50 persen. Sementara itu, angka inflasi tahun kalender periode Januari-Juni 2015 sebesar 0,96 persen dan inflasi tahunan per Juni 2015 sebesar 7,26 persen

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...