Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Ditargetkan Selesai Desember

Aria W. Yudhistira
30 September 2015, 16:11
Katadata
KATADATA
Pemerintah menargetkan pembebasan lahan tol Manado-Bitung bisa selesai pada Desember nanti.

KATADATA ? Pembebasan lahan ruas tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer (km) bisa tuntas pada Desember nanti. Ini lebih cepat dari target semula yang diperkirakan rampung pada pertengahan tahun depan.

Ketua Satuan Tugas Percepatan Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Lucky Korah mengatakan, sampai saat ini tidak ada permasalahan dan perbedaan persepsi antara Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam pembebasan lahan.

?Semua on the track, ini karena tidak ada penafsiran berbeda,? kata Lucky seusai penandatanganan paket pekerjaan tol Manado-Bitung di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (30/9).

Lucky merinci, saat ini proses pembebasan lahan pada km 0 hingga km 7 telah mencapai 94 persen, km 7 hingga km 25 mencapai 20 persen, sedangkan sisanya belum dibebaskan. Namun pihaknya optimistis keseluruhan lahan akan tuntas dibebaskan pada Desember mendatang.

?Untuk km 0 sampai 14 bisa 100 persen pada akhir Oktober mendatang, sisanya Desember. Sekarang sudah musyawarah tentang harga dan telah kami patok,? kata mantan Walikota Manado ini. (Baca: Cina Diminta Segera Bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...