4 Juta Pelanggan Listrik 900 VA Masih Bisa Mendapat Subsidi

Safrezi Fitra
21 Desember 2015, 12:50
Pembangkit Listrik Muara Tawar, Bekasi
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA - Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melaporkan jumlah rumah tangga miskin dan rentan miskin yang termasuk dalam pelanggan listrik golongan 900 volt amphere (VA) di seluruh Indonesia sebesar 4.016.948 rumah tangga.

Data ini sudah diserahkan kepada pemerintah sebagai rekomendasi rumah tangga yang masih bisa mendapatkan subsidi listrik tahun depan. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pun sudah menerima data tersebut dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pekan lalu. (Baca: 2016, Subsidi Listrik untuk 20 Juta Pelanggan Dicabut)

Menurut Kepala Divisi Niaga Perusahaan Listrik Negara (PLN) Benny Marbun, jumlah rumah tangga miskin yang tercatat dalam laporan TNP2K lebih sedikit. Karena rumah tangga miskin lebih banyak masuk dalam pelanggan listrik 450 VA.

"Secara logika, sebagian besar data yang diberi itu adalah data rumah tangga rentan miskin," ungkap Benny saat dihubungi Katadata, Senin (21/12).

Pemerintah berencana mencabut subsidi untuk pelanggan listrik 900 VA pada pertengahan tahun depan. Pelanggan listrik yang masih bisa menerima subsidi untuk golongan ini, hanya yang tercatat sebagai rumah tangga miskin dan rentan miskin. (Baca: Kebijakan Pencabutan Subsidi Listrik Ditunda)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...