Peran Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Semakin Besar

Desy Setyowati
4 Mei 2016, 17:14
Konstruksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Melesunya konsumsi rumahtangga sejak tahun lalu memang sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia. Sebab, kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi lebih dari 50 persen. Namun, kontribusi investasi yang tercermin dari Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) terhadap pertumbuhan ekonomi semakin besar pada kuartal I tahun ini.  

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi selama tiga bulan pertama tahun ini hanya 4,92 persen. Ini lebih baik dari kuartal I-2015 yang sebesar 4,73 persen, namun turun 0,23 persen kalau dibandingkan dengan kuartal IV-2015 yang sebesar 5,04 persen.

Berdasarkan pengeluaran, kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap pertumbuhan masih yang terbesar, yakni 56,9 persen. Namun, pertumbuhannya hanya sebesar 4,94 persen. Angkanya memang lebih baik dibandingkan kuartal IV-2015 yang sebesar 4,92 persen.

Meski begitu, pertumbuhan konsumsi rumahtangga pada kuartal I, II, III, dan IV tahun lalu cenderung terus menurun, yaitu masing-masing sebesar 5,01 persen, 4,97 persen, 4,96 persen, 4,92 persen. Kondisi ini sejalan dengan perlambatan ekonomi dan melemahnya daya beli dan konsumsi masyarakat.

(Baca: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2016 Meleset di Bawah Target)

Di sisi lain, kontribusi PMTB terhadap pertumbuhan ekonomi semakin besar. Sekadar informasi, PMTB merupakan pengeluaran untuk barang modal sebagai investasi, seperti untuk bangunan, jalan dan bandara, serta mesin dan peralatan. Bersama konsumsi rumah tangga, PMTB adalah pembentuk produk domestik bruto (PDB) suatu negara berdasarkan pengeluaran. Komponen lainnya adalah pengeluaran konsumsi pemerintah dan lembaga nonprofit; perubahan inventori; dan aktivitas ekspor-impor.

(Baca: Survei BI: Kuartal II, Sektor Manufaktur Mulai Ekspansi Usaha)

Pada kuartal I-2016, pertumbuhan PMTB sebesar 5,57 persen. Angkanya cenderung meningkat sejak tahun lalu, yaitu 4,6 persen pada kuartal I-2015; 1,9 persen pada kuartal II-2015; 4,8 persen pada kuartal III-2015; dan 6,9 persen pada kuartal IV-2015.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...