Kementerian ESDM Siap Pangkas Anggaran 15 Persen Tahun Ini

Safrezi Fitra
12 Mei 2016, 19:59
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

Pemerintah berencana memangkas anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku terkena program efisiensi ini.

“Secara umum APBN-P akan berkurang, kami juga terkena,” kata Menteri ESDM Sudirman Said, ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu.

Sudirman mengaku belum bisa memastikan berapa besar anggarannya yang dipangkas tahun ini. Namun, dia mengatakan Kementerian ESDM masih bisa melakukan efisiensi dari anggaran yang didapat saat ini sebesar 15 persen. (Baca: JK Minta Kementerian dan Lembaga Pangkas Belanja Operasional)

Dalam APBN 2016, Kementerian tercatat mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 8,56 triliun. Dengan efisiensi sebesar 15 persen, artinya kementerian hanya bisa memangkas anggarannya sekitar Rp 1,28 triliun.

Meski akan terkena pemangkasan, Sudirman mengaku akan mendapat tambahan anggaran dalam APBN Perubahan tahun ini. Tambahan anggaran ini berasal dari Dana Ketahanan Energi dan dana pembangunan cadangan penyangga (Strategic Petroleum Reserve/SPR).

“Saya mendapat brief bahwa RAPBN-P 2016 sudah menganggarkan dua hal itu,” ujarnya. Namun, Sudirman mengaku belum mengetahui berapa dana yang dialokasikan untuk kedua program ini. Setidaknya pemerintah sudah mulai menganggarkan program ini dan diharapkan akan berlanjut tahun-tahun berikutnya. (Baca: Dana Ketahanan Energi Masuk Dalam RAPBN-P 2016)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...