Pertamina Siap Danai Pengeboran 100 Sumur di Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
8 Juni 2016, 19:29
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

PT Pertamina (Persero) sedang mempersiapkan proses pengambilalihan Blok Mahakam pasca berakhirnya kontrak Total E&P Indonesie di pengujung tahun depan. Selama masa transisi tersebut, perusahaan pelat merah ini fokus menjaga agar produksi blok minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur itu tidak menuruni.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, secara prinsip proses pengalihan hak kelola Blok Mahakam dari tangan Total dan Inpex Corporation sudah tidak ada masalah. Hanya dalam masa transisi, Pertamina perlu mewaspadai potensi penurunan produksi. (Baca: Total Buka Peluang Hengkang dari Blok Mahakam)

Untuk menghindari hal tersebut, Pertamina menjalin komunikasi dengan manajemen Total sehingga dapat terlibat dalam investasi Blok Mahakam mulai awal 2017. “Kami belum tahu apakah mereka mau atau tidak. Tapi kalau 2017 tidak ada kegiatan sama sekali, kan bahaya,” kata Syamsu di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (8/6).

Menurut Syamsu, Pertamina perlu berinvestasi mulai tahun depan agar tidak terlalu membebani Total. Apalagi, setahun menjelang berakhirnya masa kontrak, perusahaan asal Perancis itu tentunya tak mau lagi menanamkan investasi baru.

Padahal, untuk menjaga produksi tidak turun, di Blok Mahakam harus tetap ada kegiatan pengeboran atau perawatan sumur. Atas dasar itulah, Pertamina siap mendanai semua investasi yang dikeluarkan Total tahun depan. (Baca: Juni, Tenggat Waktu Total Tentukan Sikap di Blok Mahakam)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...