PLN Tambah Pasokan Listrik Jawa-Bali 660 MW

Miftah Ardhian
17 Juni 2016, 12:32
Pembangkit Listrik Tenaga Air, Kracak, Bogor
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus berupaya mempercepat pembangunan pembangkit listrik. Kali ini perusahaan meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap, Jawa Tengah, berkapasitas 660 megawatt (MW).

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Nasri Sebayang mengatakan peresmian pengoperasian PLTU ini ditandai dengan penandatanganan Commercial Operation Date dengan PT Sumber Segara Primadaya selaku pengembang. Acara penandatangan dilakukan oleh Nasri dan disaksikan oleh Direktur Utama Sumber Segara Primadaya (S2P) Muhammad Rasul di Kantor PLN Pusat, kemarin (16/6).

(Baca: Jokowi Resmikan 12 Infrastruktur Listrik di Banten)

S2P merupakan perusahaan swasta yang mengembangkan pembangkit ini, dengan sponsor PT Sumber Energi Sakti Prima 51 persen dan PT Pembangkitan Jawa Bali 49 persen. Menurut Nasri, S2P berhasil menyelesaikan pembangunan pembangkit ini lebih cepat dari kontrak, yakni hanya dalam 32 bulan.

“Setelah melalui serangkaian uji coba ketahanan dan sinkronisasi, akhirnya PLTU Cilacap Ekspansi dinyatakan lulus uji coba dan juga sudah berhasil mendapatkan sertifikat laik operasi,” kata Nasri dalam keterangannya, Jumat (17/6). PLN akan membeli listrik yang dihasilkan pembangkit tersebut seharga 7,5534 cent USD per kWh dengan asumsi harga batubara US$ 72,06 per ton.

(Baca: PLN Gandeng Kejaksaan Agung Kawal Proyek 35 GW)

Secara pararel untuk menunjang PLTU Cilacap Ekspansi, PLN juga berhasil memperkuat sistem Jawa dan Bali melalui pengoperasian Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) sebesar 500 kilo Volt (kV) dalam jaringan Adipala – Kesugihan. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini akan masuk dalam interkoneksi Jawa – Bali melalui jaringan tersebut. Dengan adanya tambahan pembangkit ini, PLN bisa menambah hingga 350 ribu pelanggan baru.

Pembangkit yang baru beroperasi ini merupakan ekspansi dari PLTU Cilacap yang sudah ada sebelumnya dengan kapasitas 2x300 MW. Pembangunan pembangkit ekspansi ini pun dilakukan di lokasi yang sama, di atas lahan seluas 39 hektare.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...