Permudah Repatriasi ke Sektor Riil, BKPM Bentuk Tim Khusus

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2016, 18:25
Ketua BKPM Franky Sibarani
BOWO RAF
Ketua BKPM Franky Sibarani

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan tim khusus untuk mempermudah layanan investasi bagi peserta pengampunan pajak atau tax amnesty. Tiga pegawai eselon II akan ditugaskan sebagai account officer atau pendamping investor.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan para account officer akan memfasilitasi kebutuhan para investor yang akan merepatriasi dananya dalam investasi di sektor riil. Misalnya, dengan memberikan fasilitas kemudahan pajak seperti tax allowance dan tax holiday.

“Jadi investor yang manfaatkan repatriasi akan medapat pendamping sendiri,” kata Franky di kantornya, Jakarta, Senin, 18 Juli 2016. (Baca: Bank di Singapura Rayu WNI Agar Tak Repatriasi).

Menurutnya, BKPM menyiapkan 154 bidang usaha sektor riil prioritas yang terdiri dari sembilan usaha berpotensi mendapatkan tax holiday atau penghapusan pajak dalam rentang waktu tertentu. Sementara 145 bidang usaha lainnya dimungkinkan mendapat tax allowance atau pengurangan pajak.

Syaratnya, investor telah melapor ke Direktorat Jenderal Pajak untuk mengikuti repatriasi. “Setelahnya, investor akan menyerahkan business plan serta surat pernyataan yang dibuktikan tanda terima kepada para pendamping dari BKPM,” ujarnya. (Baca: BKPM Prediksi Modal Asing dari Singapura Turun Akibat Tax Amnesty).

Selain tax allowance dan tax holiday, account officer juga dapat mengarahkan para investor untuk menggunakan layanan investasi BKPM lainnya, seperti percepatan jalur hijau, izin investasi tiga jam, atau masterlist. Hal ini sesuai dengan beleid G pasal 12 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...