Luhut Tantang Pihak yang Politisasi Reklamasi Teluk Jakarta

Anggita Rezki Amelia
15 September 2016, 15:24
Luhut
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta keputusan melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta, khususnya Pulau G, tidak dipolitisasi. Sebab, keputusan itu berdasarkan perhitungan profesional.

Kelanjutan proyek reklamasi  tersebut juga untuk kebaikan Jakarta, termasuk para nelayan yang berada di kawasan Teluk Jakarta. Menurut Luhut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan untuk mengurus masalah nelayan tersebut.

Dengan begitu, kebijakan reklamasi tidak merugikan para nelayan setempat. “Masalah nelayan kami selesaikan. Jangan dipolitisasi,” katanya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (15/9). (Baca: Luhut sebut Tiga Alasan Lanjutkan Reklamasi Pulau G)

Luhut juga membantah anggapan bahwa penerimaan nelayan akan berkurang akibat adanya proyek reklamasi. Nelayan ini nantinya akan mendapat perahu dan tempat yang bagus untuk mengambil ikan. “Tempat ambil ikan sekarang sudah jorok , tidak bisa ambil ikan. Saya sudah dari sana,” ujar dia.

Terkait masalah hukum, Luhut mengklaim, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah tidak menghadapi masalah. Saat ini, tinggal memenuhi segera kewajibannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...