Bank Asing Diduga Suap Pejabat Indonesia untuk Proyek Listrik

Maria Yuniar Ardhiati
28 September 2016, 14:50
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) tengah menggelar proses investigasi terhadap Standard Chartered Plc. (Stanchart). Investigasi ini terkait dugaan keterlibatan bank internasional yang berkantor pusat di London, Inggris, tersebut dalam kasus suap tender proyek pembangkit listrik di Indonesia.

Proses penyelidikan dititikberatkan pada dugaan pelanggaran peraturan antikorupsi AS, yaitu penyuapan oleh para pejabat Maxpower Group Pte. Ltd. untuk memenangkan kontrak proyek listrik, serta memuluskan hubungan dengan para pejabat di sektor kelistrikan Indonesia. Investigasi ini melibatkan Stanchart sebagai pemegang saham mayoritas Maxpower, dan Direktur Utama Stanchart Bill Winters.

Jadi, Departemen Kehakiman AS menyelidiki kemungkinan para pejabat Stanchart di jajaran direksi Maxpower mengetahui dugaan penyuapan tersebut. Selain itu, otoritas hukum akan mendalami kekuasaan bank dalam investasinya di Maxpower selaku perusahaan pembangun pembangkit listrik.

Berdasarkan penuturan sejumlah sumber yang dikutip The Wall Street Journal, Selasa (27/9), kasus ini bermula dari temuan tim audit internal Maxpower yang menemukan bukti kemungkinan suap serta kesalahan prosedur berulang di perusahaan tersebut. Bukti itu berupa salinan dokumen dari firma hukum yang disewa Maxpower, yang menunjukkan adanya sisa kas lebih dari US$ 750 ribu pada tahun 2014 dan awal 2015.

(Ekonografik: 42.000 MW Listrik untuk Indonesia)

Sisa dana ini perlu diselidiki untuk mengetahui kemungkinan penyuapan, berdasarkan salinan dokumen yang dilihat The Wall Street Journal. Pada Desember 2015, para pengacara dari Sidley Austin LLP yang disewa untuk mengkaji audit tersebut menemukan indikasi pembayaran yang tidak wajar dari para pegawai Maxpower kepada para pejabat di Indonesia dalam kurun 2012 hingga akhir 2015.

Pembayaran ini diduga untuk memenangkan kontrak proyek listrik di Indonesia. Bahkan, sejumlah uang diberikan hanya untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu.

Berdasarkan kajian tersebut, muncul temuan adanya pembayaran yang didanai dari dana tambahan atas permintaan tiga pendiri perusahaan dan dua pegawai. Kepala Divisi Tindak Korupsi Luar Negeri Departemen Kehakiman AS menanyakan tuduhan suap tersebut kepada para pengacara Maxpower. Kejaksaan Amerika juga mendalami, apakah Stanchart bersalah karena tidak menghentikan dugaan praktik kejahatan itu.

Chief Executive Maxpower bekerja di Standard Chartered sampai tahun lalu. Bank tersebut memang memiliki tiga kursi di jajaran direksi perusahaan listrik tersebut. (Baca: Pemerintah dan PLN Kebut Megaproyek Listrik 35 GW)

Stanchart membeli saham Maxpower pada 2012. Tahun lalu, bank ini telah menjadi pemegang saham mayoritas Maxpower melalui suntikan modal sebesar US$ 60 juta. Dengan demikian, total investasi yang digelontorkan Stanchart mencapai US$ 143 juta. Bank tersebut juga menjadi pemegang saham atas nama para investor lainnya.

Sayangnya, kontrak yang diperoleh Maxpower untuk membangun pembangkit listrik lebih sedikit dibandingkan perkiraan. Penerimaan perusahaan pun menurun sehingga berdampak terhadap kasnya, yang berujung pada restrukturisasi utangnya lebih dari US$ 180 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...