Diumumkan Hari Ini, PLN Sudah Putuskan Pemenang Proyek Jawa 1

Anggita Rezki Amelia
13 Oktober 2016, 09:36
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah merampungkan proses lelang proyek pembangkit tenaga listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa 1. Pemenang proyek pembangkit berkapasitas 2x800 Mega Watt (MW) ini sudha diputuskan dan rencananya akan diumumkan pada Kamis ini (13/10).

"Hari ini kami umumkan," kata Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso kepada Katadata, Kamis (13/10). Namun, dia masih merahasiakan nama konsorsium yang memenangkan lelang proyek tersebut. (Baca: Perusahaan Keluarga Puan Berpeluang Garap Proyek Listrik Jawa 1)

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PLN Sofyan Basir juga membenarkan rencana pengumuman pemenang tender Proyek Jawa 1 pada Kamis ini. Penentuan pemenang tender berdasarkan beberapa indikator. Pertama, penawaran harga yang terendah. Kedua, kesiapan teknologi perusahaan pemenang lelang dalam mengelola proyek pembangkit listrik itu.

Selain itu, ketersediaan lahan termasuk dalam indikator penilaian. “Sudah dihitung semua, berapa akhir di ujungnya, berapa per kwh, sudah termasuk gas," kata Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu malam (12/10).

Menurut dia, sebagian pasokan gas untuk kebutuhan pembangkit listrik Jawa 1 berasal dari kilang Tangguh di Papua. Alokasi dari Tangguh ini sudah mendapat persetujuan Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan.

Meski begitu, PLN memberi kesempatan kepada konsorsium pemenang lelang untuk pengadaan pasokan gas ke pembangkit Jawa 1. "Tergantung kalau mereka punya lebih murah kan kenapa tidak, boleh saja," kata Sofyan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...