Rotasi 4 Pejabat Kementerian Energi, Jonan: Orientasinya Harus Jelas

Anggita Rezki Amelia
25 Oktober 2016, 19:01
Ignasius Jonan
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan merotasi empat pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Ini merupakan rotasi pertama di era kepemimpinan Jonan sejak menjabata Menteri ESDM pada Jumat dua pekan lalu.

Pengangkatan para pejabat ini berdasarkan hasil Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepentingan (Baperjakat) para Pejabat Tinggi Madya di Kementerian ESDM dan telah dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 7501 K/73/MEM/2016 tanggal 20 Oktober 2016. “Ini hasil Baperjakat yang pertama dari Eselon I, kami ikuti saja, “ ujar Jonan dalam sambutannya usai menandatangani berita acara pelantikan di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (25/10).

(Baca: Perombakan Keempat, Menteri ESDM Sudah Rotasi 1.000 Pejabat)

Untuk selanjutnya, menurut Jonan, apabila ada promosi pejabat eselon maka Menteri dan Wakil Menteri ESDM akan ikut serta, atau setidaknya ikut mendengarkan. "Supaya nanti kenal dengan orang-orang yang akan bekerja dengan saya," ujar Jonan.

Selain itu, ke depan, Jonan meminta adanya penilaian tertulis untuk setiap kenaikan pejabat struktural. Penilaian itu dianggap bisa mengurangi faktor suka dan tidak suka dalam menunjuk orang. Mekanisme itu diharapkan tidak mempengaruhi karier seseorang dan terutama institusi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...