Tiga Investor Bersaing Menangkan Lelang Kilang Mini di Maluku

Arnold Sirait
5 April 2017, 12:29
Kilang Minyak
KATADATA

Proses lelang kilang skala kecil di Maluku yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak Desember tahun lalu masih diminati para investor. Hingga kini, ada beberapa perusahaan yang mengikuti proses lelang tersebut.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Setyorini Tri Hutami mengatakan, berdasarkan data terakhir ada tiga badan usaha yang bersaing menggarap pembangunan kilang yang  berkapasitas produksi maksimal 20 ribu barel per hari (bph) tersebut. Awalnya ada tujuh perusahaan yang mendaftar. Sayangnya, nama para peminatnya masih dirahasiakan hingga pengumuman pemenang lelang. 

(Baca: Kementerian Energi Buka Lelang Kilang Mini Klaster Maluku)

Menurut Rini, pemerintah akan mengumumkan pemenang lelang kilang kurang lebih dua pekan ke lagi. “Saat ini masih dalam tahap evaluasi,” kata dia kepada Katadata, Rabu (5/4).

Pemenang lelang akan mendapatkan beberapa insentif dari pemerintah. Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 22 tahun 2016 tentang pelaksanaan pembangunan kilang minyak skala kecil di dalam negeri seperti penyediaan bahan baku, harga produk dan penjualan hasil produk. (Baca: Kementerian ESDM Terbitkan Aturan Kilang Mini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...