Laju Ekonomi Indonesia Semester II Diprediksi Capai 5,3 Persen

Ameidyo Daud Nasution
25 Juli 2017, 11:32
Gedung pertumbuhan
Arief Kamaludin|KATADATA

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada semester II ini diperkirakan dapat mencapai angka 5,3 persen. Hal tersebut dikatakan oleh Senior Economist, Standard Chartered Bank Indonesia Aldian Taloputra dalam sebuah diskusi dengan media.

Aldian memprediksi pendorong pertumbuhan ekonomi semester II akan lebih merata antara ekspor, belanja pemerintah, hingga investasi dan tidak didominasi satu komponen saja. Pada paruh kedua tahun lalu belanja pemerintah sempat terhambat karena adanya penghematan.

"Kami memprediksi (pertumbuhan ekonomi tahun ini) sebesar 5,2 persen. Kalau semester I ini mencapai 5,1 persen maka secara rata-rata pertumbuhan ekonomi semester II akan 5,3 persen," kata Aldian di Jakarta, Senin (24/7). (Baca: BI: Daya Beli Lemah, Konsumsi Masyarakat di Bawah Prediksi)

Dia melihat adanya kemungkinan investasi swasta meningkat secara bertahap dan akan berkontribusi banyak terhadap laju ekonomi. Selain itu, proyek infrastruktur, inflasi yang relatif terjaga, serta dorongan fiskal pemerintah akan menjadi faktor penting pertumbuhan ekonomi pada semester II.

"Lanjutan dari ekspor ore bijih besi dan nikel juga akan menjadi faktor positif ekspor," katanya. Bahkan dia memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun depan akan berada di angka 5,5 persen. (Baca: Wapres Kumpulkan Menteri-Menteri Bahas Perekonomian Terkini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...