Komisi Energi Usul Pembentukan Panja Kilang Minyak

Anggita Rezki Amelia
28 Agustus 2017, 19:56
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana membentuk panitia kerja (panitia kerja) untuk kilang minyak. Ini karena proyek pembangunan kilang hingga kini belum menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Anggota Komisi VII DPR Muhammad Nasir mengatakan pembentukan panitia kerja ini untuk membahas lebih rinci proyek kilang itu. "Jadi menurut kami, untuk megaproyek ini bentuk panja saja," kata dia dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan direksi Pertamina di ruang rapat  komisi VII DPR, Jakarta, Senin (28/8).

(Baca: Pertamina Kantongi Tiga Calon Mitra Kilang Bontang)

Anggota Komisi VII DPR Harry Poernomo mengatakan proyek kilang yang dibangun PT Pertamina (Persero) ini masih jalan di tempat. “Tiga tahun saya di sini, pembahasannya masih Front End Engineering Design (FEED) terus," ujar dia.

Kondisi tersebut bertolak belakang dengan negara lain yang mulai membangun kilang. Salah satunya adalah Turki yang sudah mulai membangun kilang minyak berkapasitas 200 ribu barel per hari (bph) dengan biaya sekitar US$ 5 miliar.

Untuk itu Harry meminta direksi baru Pertamina mempercepat proyek tersebut. Apalagi ini masuk dalam proyek strategis nasional.

Anggota komisi VII lainnya Ramson Siagian juga menyoroti pembangunan Kilang Bontang yang hingga kini belum dimulai. Alasan belum mulainya proyek itu karena Pertamina masih mengevaluasi perusahaan yang akan menjadi mitranya.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah hak kelola Pertamina yang menjadi minoritas di proyek kilang sekitar 5 sampai 10%. Seharusnya perusahaan pelat merah itu memiliki hak kelola lebih besar. "Saya berani taruhan kalau kayak begini sampai Desember tidak akan selesai, padahal kami sangat mengharapkan Pertamina besar," kata Ramson.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...