Anggap Klaim Tak Wajar, Alasan Allianz Minta Rekam Medis ke Nasabah

Yuliawati
Oleh Yuliawati
3 Oktober 2017, 17:07
Petugas Medis
Antara
Ilustrasi petugas medis. Polisi menyelidiki dugaan Allianz melanggar UU Perlindungan Konsumen.

Pihak PT Asuransi Allianz Life Indonesia menjelaskan latar belakang permintaan rekam medis kepada nasabah yang berujung perkara  pidana di Polda Metro Jaya. Permintaan rekam medis terhadap nasabah ini yang dianggap polisi melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen, sehingga mantan direktur utama dan manajer klaim Allianz menjadi tersangka.

Allianz mengatakan menemukan pola klaim yang tidak wajar yang diajukan nasabah dalam jangka waktu yang relatif pendek. “Oleh karena itu, Allianz Life meminta klarifikasi lebih lanjut dalam bentuk fotokopi rekam medis tertanggung,” kata Head of Corporate Communications Allianz Indonesia Adrian DW dalam pernyataan tertulis, Selasa (3/10).

Allianz Life mengatakan selalu mencoba mendapatkan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan (informed decision) mengenai keabsahan sebuah klaim. “Penelusuran yang teliti bertujuan untuk memvalidasi proses klaim serta melindungi kepentingan lebih dari tujuh juta tertanggung yang dilayani Allianz Life di Indonesia,” katanya.

Polisi berencana memeriksa dua tersangka yakni mantan Direktur Utama Joachim Wessling dan Manajer Klaim Yuliana Firmansyah, dalam waktu dekat. Yuliana akan diperiksa pada Rabu (4/10), sementara Wessling akan menjalani pemeriksaan pada pekan depan.

Keduanya dilaporkan ke kepolisian oleh Ifranius Algadri dan Indah Goena Nanda pada Maret dan April 2017. Pengacara kedua nasabah, Alvin Lim, membantah pernyataan Allianz yang mengenai dugaan klaim tidak wajar.

“Dokter yang telah menyatakan klien saya sakit dan merawatnya di rumah sakit, silakan Allianz mengkonfirmasi kepada mereka,” kata Alvin dihubungi Katadata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...