OJK Restui Medco Jual Saham Baru Rp 2,6 Triliun untuk Bayar Utang

Penulis: Arnold Sirait

30/11/2017, 18.56 WIB

Pembelian saham baru akan ditawarkan pada harga Rp 600 per saham.

Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco Energi Internasional Tbk segera menawarkan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) kepada para pemegang saham lama. Hal ini seiring dengan diperolehnya surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nantinya, para pemegang saham lama berhak membeli satu saham baru atas tiga saham lama yang telah mereka miliki sebelumnya. Dalam setiap saham baru, pemegang saham juga berhak mendapatkan waran untuk ditukarkan dengan satu saham baru di kemudian hari.

Menurut Direktur Utama Medco Enegi, penawaran itu adalah kesempatan besar bagi pemegang saham untuk menggunakan haknya. “Ini sekaligus memperkuat struktur permodalan perusahaan,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Kamis (30/11).

Jadi, sekitar 4,40 miliar saham baru akan segera diterbitkan. Kemudian ditambah dengan 4,40 miliar saham susulan yang akan diterbitkan jika dan saat para pemegang saham memutuskan untuk melaksanakan waran mereka.

Semua saham baru akan memiliki hak dan karakteristik yang sama dengan saham yang lama. Penawaran ini akan berlaku bagi para pemegang saham yang telah terdaftar sebelum tanggal 8 Desember 2017. 

HMETD yang sepenuhnya sudah ditanggung ini akan selesai pada bulan Desember 2017 dan akan menghasilkan dana sebesar Rp 2,64 triliun yang akan digunakan untuk pembayaran utang. Sementara itu, dana yang didapatkan dari waran akan diperuntukan untuk modal kerja.

(Baca: Harga Minyak Naik, Laba Medco Semester I Melonjak 7 Kali Lipat)

Pembelian saham baru akan ditawarkan pada harga Rp 600 per saham. Sedangkan pemegang saham yang sudah melaksanakan HMETD, dapat melaksanakan waran mereka di salah satu dari tiga periode waktu berikut ini:
1.Tanggal 1 Juli 2018 - 31 Desember 2018, dengan harga pelaksanaan Rp 625 per saham
2. Tanggal 1 Januari 2019 - 31 Desember 2019, dengan harga pelaksanaan Rp 650 per saham
3. Tanggal 1 Januari 2020 - 11 Desember 2020, dengan harga pelaksanaan 675 per saham.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan