Setnov Membisu dan Mengeluh Diare, Sidang Perdana e-KTP Diskors

Dimas Jarot Bayu
13 Desember 2017, 11:58
Setya Novanto
ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Terdakwa kasus dugaan korupsi KTP elektronik Setya Novanto (tengah) memasuki ruangan pada sidang perdana di gedung Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12).

Sidang perdana dengan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sebagai terdakwa kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) dimulai hari ini. Persidangan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini rencananya akan membacakan dakwaan, namun hingga setengah jam berlangsung, majelis hakim masih kesulitan untuk menanyai Setya Novanto.

Setya Novanto hanya membisu ketika Hakim Yanto yang memimpin persidangan mengajukan pertanyaan kepadanya. Karena kerap tak menjawab pertanyaan, Yanto pun menanyakan mengenai kondisi Novanto. Novanto mengaku sakit kepada majelis hakim.

"Saya empat sampai lima hari ini sakit diare, Saya minta obat enggak dikasih sama dokter," kata Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (13/12).  (Baca: Golkar Bahas Munaslub & Pengganti Setnov Setelah Hasil Praperadilan)

Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) Irene Putri mengakui jika Novanto memang mengeluh sakit diare. Irene menyebut Novanto mengeluh 20 kali ke toilet pada malam hari.

Namun setelah diperiksa oleh Dokter KPK Johannes Hutabarat pukul 08.50 WIB, Setya Novanto disebutkan dalam kondisi sehat. Berdasarkan laporan Rutan KPK juga, Irene mengatakan jika Novanto hanya dua kali ke kamar kecil pada Selasa (13/12) malam, yakni pukul 23.00 WIB dan 02.30 WIB.

"Dapat kami sampaikan bahwa terdakwa mengeluh sakit namun setelah dicek oleh dokter kami, terdakwa dinyatakan dapat menghadiri persidangan dengan tekanan darah 110/80, dengan nadi 80 per menit, kuat dan teratur," kata Irene.

Selain itu, tiga dokter RSCM yang ikut memeriksa juga menyatakan bahwa Novanto bisa bersidang hari ini. Menurut salah satu dokter RSCM EM Yunir, bisa saja Novanto tidak menjawab pertanyaan hakim karena mengalami masalah ataxia.

(Baca: Calon Golkar Kandas, Fadli Zon Didorong Jadi Plt Ketua DPR)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...