Terowongan Tol Padang-Pekanbaru Mulai Dibangun Akhir 2018

Ameidyo Daud Nasution
19 Januari 2018, 15:37
Basuki PUPR
Arief Kamaludin (Katadata)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan terowongan di jalan tol Padang - Bukittinggi dimulai akhir tahun ini. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Delegasi Utusan Khusus Perdana Menteei Jepang Toshihiro Nikai.

Basuki mengatakan saat ini proses pembangunan terowongan tol yang merupakan bagian tol Pekanbaru-Padang tersebut sedang memasuki masa kelayakan. Setelahnya proses akan memasuki pembuatan desain sebelum akhirnya pembangunan dimulai.

Biaya pembangunan terowongan ini akan menggunakan pinjaman dari Jepang. Namun, Basuki belum bisa menyebutkan secara pasti berapa besar nilainya. Dia hanya mengatakan pada Oktober tahun lalu Jepang berkomitmen memberi pinjaman sebesar US$ 700 juta atau setara Rp 9,5 triliun. Rinciannya terdiri dari US$ 300 juta untuk pembangunan terowongan serta US$ 400 juta untuk tol penghubung ruas Padang-Pekanbaru ini.

"Mudah-mudahan akhir 2018 akan dimulai pembangunannya," kata Basuki di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (19/1). (Baca: Selain Jepang, Tiongkok Ingin Biayai Proyek Tol Padang-Pekanbaru)

Selain proyek tol Trans Sumatera, dalam pertemuan Jokowi dengan perwakilan Jepang juga membahas lima proyek lain. Basuki menyebutkan kelimanya adalah Pelabuhan Patimban, Mass Rapid Transit (MRT) Barat-Timur, pengembangan Blok Masela, serta pengembangan industri perikanan di pulau terluar.

"Untuk Patimban juga kami diberikan amanah untuk mengerjakan akses jalan nasional ke pelabuhan," kata Basuki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...