Jokowi Ingatkan Diplomat Setop Cari Bantuan dari Luar Negeri

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2018, 14:21
Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia sudah masuk dalam golongan negara besar. Oleh sebab itu dia mengingatkan Kementerian Luar Negeri tidak perlu lagi mencari-cari bantuan dari negara lain untuk Indonesia.

Hal ini ditekankan Jokowi kepada seluruh Kepala Perwakilan Republik Indonesia. Menurutnya, dengan posisi sebagai satu-satunya negara ASEAN di G-20, sudah seharusnya Indonesia membantu negara lain dan malah bukan mencari bantuan dari negara-negara lain.

"Kok masih merasa kecil, memerlukan bantuan. Jangan merasa kita ini negara kecil, harus merasa besar," kata Jokowi saat Rapat Kerja Kepala Perwkilan Republik Indonesia di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (12/2).

(Baca: Sabet Gelar Menteri Terbaik di Dunia, Sri Mulyani yang Pertama di Asia)

Bahkan dalam sejumlah pertemuan Kepala Negara, Jokowi meminta Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi untuk mengatur tempat duduk Presiden di dekat tuan rumah. Ini agar Indonesia tidak dipandang negara inferior dan sebelah mata lagi oleh negara lain.

"Kalau tidak pas sebelahan, ya di sela satu orang. Untuk menunjukkan bahwa kita negara besar," kata Presiden.

Dari soal negara besar, Jokowi melanjutkan arahannya agar para diplomat memetakan dan mempromosikan produk ekspor asal Indonesia ke negara lain. Dia ingin ada perubahan agar ekspor Indonesia bisa meningkat. Dalam Sidang Kabinet Paripurna yang akan dilakukan sore ini, perdagangan Indonesia akan dibahas lebih spesifik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...