OJK Minta Fintech Transparan dan Dorong Suku Bunga Rendah

Desy Setyowati
12 Maret 2018, 20:58
Fintech
Arief Kamaludin | Katadata

Untuk membangun industri financial technology (fintech), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan fokus pada kebijakan perlindungan konsumen. OJK pun meminta perusahaan-perusahaan fintech transparan soal data dan mendorong suku bunga rendah.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan, transparansi adalah kunci keberhasilan pengembangan fintech. Perusahaan, menurutnya harus memiliki sistem pelaporan yang jelas, baik kepada konsumen dan OJK.

Advertisement

Untuk itu, perlu dibuat standar mengenai jenis informasi dan detail laporan yang wajib bagi fintech. "Laporan tersebut harus bisa dikonfirmasi oleh otoritas,” ujar Nurhaida dalam keterangan pers yang diterima Katadata, Senin (12/3). Hal itu ia sampaikan dalam seminar internasional bersama Bank Dunia, yang dihadiri perwakilan lembaga dalam dan luar negeri, kementerian, serta sejumlah perusahaan fintech di Indonesia.

Informasi yang perlu dibuka secara transparan oleh fintech, di antaranya mengenai hak dan kewajiban para pihak seperti investor, peminjam, platform, dan bank koresponden. Informasi tersebut menyangkut potensi pendapatan dan risiko, biaya, bagi hasil, manajemen risiko dan mitigasi jika terjadi kegagalan. Fintech juga harus menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, untuk melindungi kepentingan konsumen seperti kerahasiaan data nasabah.

(Baca juga: Bila Ingin Bertahan, Harus Bekerja Sama dengan Fintech)

Selain itu, OJK juga mendorong fintech membangun lingkungan keuangan digital yang sejalan dengan upaya pemerintah, yakni suku bunga rendah. OJK juga mewajibkan fintech memberikan edukasi keuangan kepada konsumen, agar pemahaman mengenai layanan fintech menjadi lebih baik.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement