Kemenhub Masih Pertanyakan Kesiapan Pertamina Sediakan BBM Euro 4

Ameidyo Daud Nasution
11 April 2018, 11:16
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan telah siap untuk merealisasikan pelaksanaan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) berstandar Euro 4. Namun, Kemenhub masih mempertanyakan kesiapan PT Pertamina (Persero) dalam penyediaan BBM yang dianggap lebih ramah lingkungan ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiadi mengatakan Kemenhub akan meluncurkan peralatan pendukung uji emisi kendaraan pada 18 April mendatang. Dengan begitu, para produsen kendaraan harus meningkatkan kualitas kendaraannya agar bisa sesuai dengan BBBM standar Euro 4.

"Tapi bahan bakarnya coba tanyakan ke Pertamina karena harus didukung bahan bakar spesifikasi tinggi," kata Budi di Jakarta, Selasa (10/4). (Baca: Surati Jokowi, Menteri LHK Minta Hapus BBM di Bawah Euro 4)

Budi menjelakan untuk uji emisi akan dicoba dilakukan di sebuah balai yang terletak di Bekasi. Kemenhub juga telah menggelar rapat koordinasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Asosiasi produsen kendaraan bermotor tersebut akan berbicara soal spesifikasi bahan bakar pendukung dengan Pertamina.

Hingga saat ini Kementerian Perhubungan masih mengkaji aturan main untuk mendukung spesifikasi Euro 4 ini. Dirinya membuka kemungkinan aturan tersebut adalah sebuah Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub). Sedangkan Peraturan Dirjen akan dikeluarkan untuk mengatur hal yang lebih teknis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...