Railink Uji Coba Kereta Bandara Soekarno Hatta ke Bekasi

Image title
19 Juni 2018, 11:18
Proyek Kereta Bandara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Beroperasinya kereta bandara berdampak terhadap perjalanan KRL Commuter Line Jakarta-Tangerang yang berkurang 17 perjalanan per hari. Perjalanan komuter lintas Duri - Tangerang berkurang dari 90 perjalanan per hari menjadi hanya 73 perjalanan per hari.

PT Railink akan memperpanjang rute Kereta Bandara Soekarno Hatta hingga ke Stasiun Bekasi. Hari ini operator kereta bandara tersebut sedang melakukan uji coba operasi rute baru tersebut.

Railink berharap perpanjangan rute Kereta Bandara ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama di daerah Bekasi. "Bisa menambah pilihan transportasi publik bagi masyarakat Bekasi dan penumpang KA Jarak Jauh dari timur, yang transit di Stasiun Bekasi dalam mengakses Bandara Soekarno-Hatta," seperti dikutip dari keterangan resmi Railink yang diterima Katadata.co.id, Selasa (19/6).

(Baca: Kereta Bandara Masih Kalah Populer daripada Transportasi Lain)

Waktu tempuh kereta ini diperkirakan sekitar 1,5 jam. Sayangnya perjalanan kereta ini tidak bisa mengantar penumpang secara langsung dari Stasiun Bekasi ke Bandara Soekarno Hatta, atau sebaliknya. Penumpang masih harus berpindah kereta atau transit di beberapa stasiun, yakni di Stasiun Batu Ceper dan Stasiun BNI City.

Dalam uji coba, masyarakat umum bisa langsung menggunakan kereta ini dengan membayar tiket promo sebesar 70 persen dari hari harga normal. Tarif normal KA Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Bekasi-BNI City sebesar Rp 35.000, Bekasi-Batuceper sebesar Rp 70.000, dan Bekasi-Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp 100.000. Sementara, tarif promo selama uji coba operasi ini berlaku dari Stasiun Bekasi-Bandara Soekarno-Hatta hanya Rp 70.000, sedangkan tarif yang lainnya masih sama. 

(Baca: Pemerintah Kaji Kereta Bandara Keluar dari Proyek Strategis)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...