Gurita Bisnis Go-Jek: Ojek Online, Sistem Pembayaran hingga Jual Galon

Desy Setyowati
30 Juni 2018, 08:00
Go-Jek
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengemudi ojek Go-Jek tengah menunggu penumpang yang hendak diantar ke tujuannya di Jakarta.

Matahari belum tenggelam, tapi Dian Eka sudah tiga kali memesan layanan Go-Jek. Pagi-pagi, ia memesan galon air melalui Go-Daily. Selanjutnya, Eka pergi ke kantor dengan Go-Ride dan memesan makan siang melalui Go-Food.

“Semua dibayar pakai Go-Pay,” kata karyawan swasta yang berkantor di Jakarta Selatan ini sembari tertawa, Jumat (29/6).

Tentakel gurita bisnis Go-Jek memang sudah begitu lekat dengan kehidupan masyarakat urban, terutama Jakarta. Meski baru berumur 8 tahun, Go-Jek di bawah bendera PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini sudah memiliki belasan layanan berbeda.

Pada 2010 lalu, Go-Jek hanya memiliki 20  pengemudi ojek online yang beroperasi di Jakarta saja. Kini, jumlah mitra pengemudi ojek dan taksi online Go-Jek telah lebih dari 1 juta dan tersebar di 50 kota. "Sebagai technology enabler, pada prinsipnya kami akan selalu berinovasi untuk terus mengembangkan layanan," ujar Chief of Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita.

Grafik: Persentase Pengguna Aplikasi Transportasi Online di Indonesia
Persentase Pengguna Aplikasi Transportasi Online di Indonesia

Bermula dari layanan berbagi tumpangan (ride-hailing). Saat ini, aplikasi Go-Jek telah diunduh 77 juta kali menyediakan 19 layanan yang terbagi atas tiga kelompok besar yaitu transportasi, gaya hidup, dan keuangan.

(Baca juga: Valuasi Go-Jek Dekati Grab yang Telah Beroperasi di 8 Negara)

Untuk transportasi saja, ada sembilan layanan yakni Go-Ride, Go-Car, Go-BlueBird, Go-Food, Go-Mart, Go-Send, Go-Box, Go-Tix, dan Go-Med. Lalu untuk kategori Go-Life, tersedia layanan Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Auto, dan Go-Daily. Kemudian, yang tergolong dalam layanan keuangan di antaranya Go-Pay, Go-Points, Go-Pulsa, dan Go-Bills.

Bahkan, Go-Jek berencana masuk bisnis konten melalui aplikasi baru yang diberi nama Go-Play. Seperti Netflix yang memproduksi sendiri beberapa tayangannya, beberapa konten yang tayang melalui Go-Play nantinya juga akan diproduksi secara internal melalui Go-Studios.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...