Sebanyak 41 Eks Koruptor Jadi Caleg 2019, Paling Banyak dari Gerindra

Dimas Jarot Bayu
21 September 2018, 09:01
Nasdem mendaftarkan caleg di KPU
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ketua Bapilu Nasdem Effendy Choirie (kedua kanan) bersama Bendahara Umum Ahmad Ali (kanan) menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif kepada anggota KPU Ilham Saputra (kedua kiri) dan Hasyim Asyari (kiri) di KPU Pusat, Jakarta, Senin (16/7).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu Legislatif (Pileg 2019). Dari daftar DCT sebanyak 41 caleg merupakan mantan narapidana koruptor. Eks koruptor yang menjadi caleg ini paling banyak mendaftar lewat Partai Gerindra.

Rinciannya, para eks koruptor itu menjadi caleg untuk tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi sebanyak 12 orang, DPRD Kabupaten/Kota (26), dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) (tiga). Tak ada satupun caleg eks koruptor mendaftar di tingkat DPR RI.

Advertisement

(Baca juga: Laksanakan Putusan Mahkamah Agung, KPU Loloskan Caleg Eks Koruptor)

Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaskan, 12 caleg mantan narapidana koruptor di tingkat DPRD Provinsi berasal dari Gerindra (tiga), Golkar (satu), Berkarya (dua), Perindo (satu). Kemudian, PAN (satu), Hanura (tiga), dan PBB (satu).

Sebanyak 26 caleg DPRD Kabupaten/Kota berasal dari Gerindra (tiga), PDIP (satu), Golkar (tiga), Nasdem (dua), Garuda (dua), Berkarya (dua). Lalu, PKS (satu), Perindo (satu), PAN (tiga), Hanura (dua), Demokrat (empat), dan PKPI (dua).

"Ada beberapa daftar mantan calon koruptor yang lolos," kata Ilham di kantornya, Jakarta, Kamis (20/9).

(Baca juga: Bawaslu Dukung Usulan KPU Beri Tanda Khusus Caleg Eks Napi Koruptor)

Dengan demikian, Partai Gerindra memiliki caleg eks koruptor paling banyak yakni enam orang untuk tingkat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Di tingkat DPRD Provinsi yakni Mohamad Taufik di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta 3, Herry Jones Kere di dapil Sulawesi Utara, dan Husen Kausaha di dapil Maluku Utara. Caleg eks napi koruptor DPRD Provinsi dari Golkar adalah Hamid Usman di dapil Maluku Utara 3.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement