KPK Minta Amien Rais Berfokus Hadapi Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Dimas Jarot Bayu
9 Oktober 2018, 14:50
Juru Bicara KPK Febri Diansyah
Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berfokus terhadap pemanggilannya oleh polisi terkait penyebaran kabar bohong atau hoaks oleh Ratna Sarumpaet. Amien tak perlu mengaitkan masalah tersebut dengan lembaga anti rasuh ini.

“Agak membingungkan ketika peristiwa tersebut dikait-kaitkan dengan KPK,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (9/10). Amien dapat menyampaikan langsung ke KPK jika memiliki bukti atas kasus dugaan korupsi untuk dikaji.

(Baca: Terseret Kebohongan Ratna, Amien Rais Ancam Beberkan Korupsi di KPK).

Febri pun berharap tidak ada pihak yang mengaitkan KPK ke ranah politik dalam proses pemilihan presiden tahun depan (Pilpres 2019). Kerja lembaga ini tidak akan terpengaruh atas gangguan tersebut. “KPK tetap akan menjaga independensi dari politik,” kata Febri.

Kepolisian Daerah Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan kembali Amien Rais atas kasus penyebaran kabar bohong Ratna pada Rabu (10/10). Atas panggilan tersebut, Amien akan membeberkan fakta yang menarik perhatian selama pemeriksaan.

Menurut mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini, fakta tersebut ada hubungannya dengan penegakan hukum dan kasus korupsi yang sudah mengendap lama di KPK. “Akan saya buka pelan-pelan,” kata Amien di Rumah Pemenangan PAN, Jakarta, Senin (8/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...