Pariwisata Menjadi Salah Satu Fokus Kerja Sama Indonesia - Singapura

Dini Hariyanti
11 Oktober 2018, 18:38
Edsus Pariwisata_Danau Toba
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4). Sejak 2016 Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata untuk dikembangkan.

Indonesia dan Singapura sepakat memperluas jalinan kerja sama. Selain di bidang ekonomi dan finansial, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga membahas kemitraan di sektor pariwisata.

Dua negara itu hendak meningkatkan konektivitas dengan membuka sejumlah jalur penerbangan dan destinasi kapal pesiar dari Singapura ke Indonesia. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan turis mancanegara terutama ke sepuluh Bali Baru.

Advertisement

(Baca juga: Bangkitkan Wisata Lombok Setelah Gempa, Kemenpar Gelar Lomba Lari

Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, perluasan akses rute penerbangan mencakup Singapura-Toba, Singapura-Belitung. Ada pula tambahan destinasi kapal pesiar dari Singapura ke Surabaya, ke Bali Utara, ke Jakarta, ke Kuala Tanjung, dan ke Bintan.

Di dalam konteks yang lebih luas, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia dan Singapura perlu meningkatkan peran negara-negara ASEAN dalam upaya menjaga perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan masyarakat.

"(Kontribusi) termasuk di dalam pengembangan konsep kerja sama Indo - Pasifik," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (11/10). Hal ini dikemukakan usai pertemuan Pemimpin Indonesia - Singapura di Kabupaten Badung, Pulau Bali.

(Baca juga: Grab Sediakan 7 Layanan untuk Gaet 20 Juta Turis Asing

Ekonomi dan Finansial

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement