Target 2 Minggu Penerbangan Jakarta–Samarinda, Jokowi: Ini Perintah

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2018, 15:57
Bandara APT Pranoto
Katadata/Ameidyo Daud
Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi segera menyediakan penerbangan dari Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda ke Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, perintah harus diwujudkan dalam waktu cepat yakni dua minggu saja.

Hal ini dikatakan Jokowi, demikian presiden biasa disapa, ketika meresmikan Bandara APT Pranoto dan Bandara Maratua secara bersamaan di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10). Dia tidak ingin masyarakat Samarinda menunggu lebih lama untuk mengakses penerbangan langsung ke kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

(Baca: Jokowi Akan Resmikan Dua Bandara Baru di Kalimantan Timur)

Apalagi Budi Karya Sumadi awalnya menjanjikan penerbangan ke kota besar baru ada satu setengah hingga tiga bulan. Namun hal tersebut ditolak oleh Jokowi dengan alasan terlalu lama. “Terserah, Garuda Indonesia, tidak apa-apa, Lion Air tidak apa, yang penting ada. Ini perintah,” kata Jokowi.

Bukan hanya itu, dia kembali memerintahkan Budi untuk memperluas terminal bandara ini hingga 36 ribu meter persegi. Hal itu untuk mengantisipasi jumlah penumpang di di masa depan yang naik sampai di atas 5 juta orang per tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...