Jokowi Minta Sri Mulyani Segera Cairkan Dana Kelurahan

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2018, 11:33
Jokowi
ANTARAFOTO | Zabur Karuru
Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Surbaya, Jawa Timur, 6 September 2018.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menggelar rapat terbatas soal dana kelurahan dan dana desa. Dalam pengantarnya, Jokowi memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani mencairkan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun yang baru disahkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Saya minta segera siapkan mekanisme pencairan dana kelurahan agar dimanfaatkan," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (2/11).

Ia berharap, pencairan dana kelurahan dapat mengatasi sejumlah masalah di perkotaan. Beberapa di antaranya, mengurangi urbanisasi ke kota besar hingga menekan kemiskinan dan ketimpangan angkatan kerja.

Selain itu, mantan Walikota Solo ini juga meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo menyiapkan kerangka pengawasan dan evaluasi dana kelurahan. “Kami ingin angka kemiskinan desa kota bisa berkurang drastis dengan adanya dana ini. Juga kesenjanganan pendapatan warga desa kota semakin kecil.”

(Baca juga: Dana Kelurahan Tanggung Jawab Siapa? Ini Penjelasannya)

Dia kembali menjelaskan dana ini tidak diadakan secara mendadak menjelang Pemilihan Presiden  2019. "Sehingga tidak muncul tiba-tiba," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan pemanfaatan dana desa sebesar Rp 70 triliun juga turut dikawal dan didampingi. Ini agar uang tersebut betul-betul digunakan untuk mengurangi kemiskinan hingga mengembangkan ekonomi produktif di desa. "Serta menggerakkan industri kecil pedesaan," kata dia.

Hadir sejumlah Menteri yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo, hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...