BPH Migas Tagih Janji ExxonMobil dan Vivo Bangun SPBU di Luar Jawa

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

11/12/2018, 21.11 WIB

Pembangunan SPBU di luar Jawa ini sebagai wujud keadilan bagi masyarakat dan persaingan usaha.

SPBU Vivo
Anggita Amalia|Katadata

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendorong badan usaha swasta yang menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di luar Pulau Jawa. Ini karena SPBU swasta di luar pulau jawa masih sangat minim.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan untuk mendorong persaingan sehat dalam usaha penyaluran BBM, BU BBM swasta diharuskan membangun SPBU di luar pulau Jawa. Selama ini, yang gencar memperluas distribusi BBM di luar Pulau Jawa hanya PT Pertamina (Persero).

Padahal, masyarakat di luar Jawa juga membutuhkan pasokan BBM. "Karena rakyat Indonesia bukan hanya dari Jawa. Tidak adil, kasian Pertamina juga," kata dia, di Jakarta, Selasa (11/12).

Fanshurullah tidak menampik, untuk membangun SPBU di luar Pulau Jawa, khususnya di daerah terpencil memang membutuhkan usaha yang lebih. Ini karena aksesnya yang tidak mudah, dan biaya distribusi yang mahal.

Namun, Fanshurullah mengatakan, untuk memperluas distribusi BBM di pedesaan, tidak perlu membangun SPBU besar yang biayanya tinggi. "Yang terpenting distribusi, kalau dia besar, dan mahal investasinya tapi banyak orang yang tidak dapat, jadi sayang," kata dia.

Asa juga menagih badan usaha swasta yang sudah berjanji membangun SPBU di luar Pulau Jawa. Adapun Vivo berencana akan membangun SPBU di Maluku. Namun, hingga saat ini belum terealisasikan.

Selain itu, ExxonMobil mengatakan kepada BPH Migas untuk membangun SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, hingga saat ini masih fokus di Pulau Jawa.

Harapannya, janji yang sudah disampaikan kepada BPH Migas tidak hanya wacana. Itu merupakan cara untuk membangun persaingan sehat dalam usaha pembangunan SPBU. "ExxonMobil mengatakan mau bangun dimana mana. Vivo juga dulu pernah janji bangun di Maluku, tapi belum terealisasi," kata dia.

(Baca: Pertamina, Shell dan ExxonMobil Janji Turunkan Harga BBM Januari 2019)

Adapun, BU BBM swasta yang sudah membangun SPBU diluar Pulau Jawa hanya AKR, yaitu sudah tersebar di Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Namun, jumlahnya masih terbatas.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha