BPH Migas Tagih Janji ExxonMobil dan Vivo Bangun SPBU di Luar Jawa

Anggita Rezki Amelia
11 Desember 2018, 21:11
SPBU Vivo
Anggita Amalia|Katadata

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendorong badan usaha swasta yang menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di luar Pulau Jawa. Ini karena SPBU swasta di luar pulau jawa masih sangat minim.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan untuk mendorong persaingan sehat dalam usaha penyaluran BBM, BU BBM swasta diharuskan membangun SPBU di luar pulau Jawa. Selama ini, yang gencar memperluas distribusi BBM di luar Pulau Jawa hanya PT Pertamina (Persero).

Padahal, masyarakat di luar Jawa juga membutuhkan pasokan BBM. "Karena rakyat Indonesia bukan hanya dari Jawa. Tidak adil, kasian Pertamina juga," kata dia, di Jakarta, Selasa (11/12).

Fanshurullah tidak menampik, untuk membangun SPBU di luar Pulau Jawa, khususnya di daerah terpencil memang membutuhkan usaha yang lebih. Ini karena aksesnya yang tidak mudah, dan biaya distribusi yang mahal.

Namun, Fanshurullah mengatakan, untuk memperluas distribusi BBM di pedesaan, tidak perlu membangun SPBU besar yang biayanya tinggi. "Yang terpenting distribusi, kalau dia besar, dan mahal investasinya tapi banyak orang yang tidak dapat, jadi sayang," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...