ExxonMobil Turunkan Harga BBM RON 92 Jadi Rp 9.800

Anggita Rezki Amelia
12 Desember 2018, 21:49
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa ExxonMobil telah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidinya secara resmi, hari ini. Hal ini seiring arahan pemerintah untuk mengurangi harga BBM di tengah penurunan harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan penurunan itu berdasarkan laporan Exxon hari ini kepada Kementerian ESDM. Dalam laporan itu, Exxon menurunkan harga BBM jenis Mobil Gasoline 92R. “Exxon sudah turunkan harga,” kata Djoko di Jakarta, Rabu (12/12). Ini lebih cepat dari target Djoko sebelumnya, yakni paling lambat Januari 2019.

(Baca: Pertamina, Shell dan ExxonMobil Janji Turunkan Harga BBM Januari 2019)

Harga BBM Exxon yang sudah turun itu memiliki RON 92 yang dijual perusahaan asal Amerika Serikat itu di daerah Jawa Barat dan Banten. Harga BBM setara Pertamax itu kini turun menjadi Rp 9.800 per liter, atau berkurang Rp 1.100 per liter dari harga sebelumnya sebesar Rp 10.900 per liter.

Alhasil kini tinggal dua perusahaan lain yang belum menurunkan BBM. Mereka adalah PT Pertamina dan PT Shell Indonesia. Meski demikian, menurut Djoko, Pertamina sudah menyampaikan rencana penurunan harga BBM nonsubsidi. “Janjinya begitu, Januari 2019,” kata dia kemarin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...