Jokowi Tutup Perdagangan di Bursa Saham, IHSG Naik Tipis 0,06%

Happy Fajrian
28 Desember 2018, 18:42
Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (kiri) secara resmi menutup perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini, Jumat (28/12).

Pada hari terakhir perdagangan hari ini, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo secara resmi menutup perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada hari terakhirnya, IHSG ditutup pada posisi 6.194,49 atau naik tipis 0,06%. Padahal, pada pembukaan pagi ini IHSG sempat menembus level 6.200.

Posisi tertinggi yang berhasil dicapai IHSG hari ini tepatnya pada 6.212,13 pada sesi perdagangan kedua siang ini. Namun setelah mencapai posisi tertingginya, IHSG terus turun bahkan hingga ke zona merah walau pada akhirnya berhasil bangkit dan ditutup dengan kenaikan tipis 0,06%.

Advertisement

Kendati gagal menembus level 6.200, Presiden Jokowi menyatakan capaian IHSG tahun ini telah sesuai dengan harapan dengan berada di level 6.194,49, apalaagi di kondisi ekonomi global yang dinamis dan sulit diprediksi.

"Saya ingin menyampaikan optimisme dan optimis terhadap perkembangan pasar modal bursa yang kita miliki. Optimisme yang terjadi di BEI menunjukkan ekonomi Indonesia berada pada transisi dari kebiasaan konsumtif kepada produktif," kata Presiden dalam sambutannya saat peresmian penutupan perdagangan di BEI, Jakarta, Jumat sore.

(Baca: Jokowi Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2018 di Atas 5%)

Menurut Jokowi transisi tersebut bisa terjadi karena kerjasama, kolaborasi, dan sinergi antara sektor moneter, fiskal, dan sektor riil, serta industri dan juga dunia usaha. "Ketiga-tiganya bisa berkonsolidasi dengan baik, bisa bekerja sama, berkolaborasi, saling mengisi sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi kita di tahun ini bisa mencapai di atas 5%," jelasnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement