Penguatan Kurs Rupiah Jadi 14.270 per US$ Topang Kenaikan IHSG 0,86%

Happy Fajrian
4 Januari 2019, 18:10
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Sempat dibuka terkoreksi pada awal sesi pertama perdagangan pagi ini, Jumat (4/1), indeks harga saham gabungan (IHSG) mampu kembali ke zona hijau dan ditutup naik 0,86% ke posisi 6.274,54. Salah satu faktor yang mendorong pergerakan IHSG kembali ke jalur hijau yaitu kinerja kurs rupiah yg luar biasa.

Hari ini, rupiah menguat 140 poin atau nyaris 1% terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menjadi Rp 14.270 per dolar. Tidak hanya terhadap Greenback, rupiah juga menguat signifikan terhadap seluruh mata uang utama dunia dan Asia.

Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar salah satunya dipengaruhi oleh tidak kondusifnya pasar AS yang saat ini masih berlangsung partial government shutdown sejak 22 Desember 2018, sehingga memicu aliran dana ke pasar berkembang yang membuat nilai tukar mata uang dan saham di negara berkembang terdongkrak.

(Baca: Wall Street Koreksi Tajam, IHSG Dibuka di Zona Merah Terkoreksi 0,23%)

Tidak hanya itu, kekhawatiran investor juga masih tinggi terkait kondisi perekonomian AS dan Tiongkok yang melambat berdasarkan data-data ekonomi terbaru kedua negara. Melambatnya dua perekonomian terbesar dunia tersebut turut memicu perlambatan perekonomian di sejumlah negara Asia, dan secara umum, dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...