Sesi I IHSG Naik 0,41%, Saham Dua Emiten Baru Melesat Kencang

Happy Fajrian
10 Januari 2019, 14:12
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Indeks harga saham gabungan (IHSG) berhasil mencatatkan kinerja positif pada sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (10/1), dengan bergerak naik ke posisi 6.298,15, atau naik 0,41%.

Kenaikan IHSG didorong oleh sembilan indeks sektor yang mencatatkan kinerja positif pada sesi 1 siang ini, sedangkan satu sektor terkoreksi yaitu sektor aneka industri yang terkoreksi 0,98%.

Advertisement

Empat indeks sektoral yang bergerak positif mendorong IHSG yaitu sektor industri melesat naik 1,39%, tambang naik 0,97%, konstruksi naik 0,67% dan sektor barang konsumen naik 0,63%.

Total volume perdagangan di Bursa Efek Indonesia sementara ini mencapai 7,73 miliar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,52 triliun. Sebanyak 196 saham harganya naik, 171 saham terkoreksi, dan 138 saham bergerak mendatar. Sementara itu investor asing mencatat pembelian bersih Rp 188,93 miliar di seluruh pasar.

Sentimen eksternal masih menjadi faktor yang memengaruhi pergerakan IHSG dengan investor menanggapi positif sikap bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Fed yang akan lebih menakar kenaikan suku bunga acuannya, Fed Fund Rate (FFR). Perubahan sikap the Fed ini telah mendorong naik bursa AS beberapa hari terakhir ini. Bahkan, bursa AS sejak memasuki tahun 2019 terus bergerak naik.

(Baca: Dibuka di Zona Hijau Naik 0,48%, IHSG Bergerak Fluktuatif)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement