Chevron Kirim Minyak Perdana Blok Rokan untuk Pertamina

Anggita Rezki Amelia
15 Januari 2019, 21:09
Penjualan Perdana Minyak Rokan Chevron ke Pertamina
Chevron

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) hari ini melakukan penjualan perdana minyak mentahnya di Blok Rokan ke PT Pertamina (Persero). Ini dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 42 Tahun 2018 mengenai Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri.

Dalam tahap awal Pertamina membeli minyak dari Chevron untuk periode enam bulan yakni mulai Januari hingga Juni 2019. Estimasi volumenya diperkirakan mencapai 2,5 juta barel per bulan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati akan mengupayakan menyerap semaksimal mungkin minyak mentah bagian kontraktor. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan kilang dalam negeri sehingga dapat mengurangi impor minyak mentah.

Adapun pembelian minyak dari Blok Rokan itu harganya sesuai kelaziman bisnis. "Hubungan dan kerja sama business to business antar kedua belah pihak diharapkan semakin erat,” ujar Nicke melalui siaran resminya, Selasa (15/1).

Minyak yang dibeli Pertamina dari Blok Rokan itu merupakan jenis Sumatran Light Crude (SLC) dan Duri Crude (DC). Minyak tersebut dinilai sesuai dengan konfigurasi Kilang Minyak Pertamina, sehingga dapat meningkatkan nilai produk.

Nicke mengatakan Pertamina akan mengolah minyak mentah SLC dan DC itu di Kilang Pertamina selain Kasim –Sorong. “Kami mengacu pada arahan Pemerintah dan telah menyampaikan proposal menyatakan minat kepada seluruh kontraktor untuk membeli jatah minyak mentah mereka,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...