Visi Misi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Dinilai Mirip

Dimas Jarot Bayu
15 Januari 2019, 17:00
Jokowi dan Prabowo di KPU
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Visi-misi yang ditawarkan pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinilai tak jauh berbeda. Poin-poin yang terdapat dalam visi-misi tersebut memiliki substansi yang saling beririsan satu sama lain.

Analis politik dari Exposit Strategic Arif Susanto mengatakan, kemiripan visi-misi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga terlihat dari replikasi konsep Trisakti milik Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno. Konsep tersebut mengandung tiga hal, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang budaya.

"Dua kubu seolah pandangannya secara diametrikal berlawanan, tapi ternyata enggak. Ada irisan penting, itu tadi Trisakti," kata Arif di Jakarta, Selasa (15/1).

Meski demikian, Arif menilai visi-misi Jokowi telah diterapkan sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Prabowo-Sandiaga baru mengimplementasikan Trisakti dalam visi-misi kali ini untuk menjelaskan seperti apa konsep Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat.

Lebih lanjut, ada perbedaan signifikan di tingkatan program aksi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga. Arif menjelaskan, program aksi Jokowi-Ma'ruf saat ini lebih berjangka menengah dan panjang.

Jokowi-Ma'ruf lebih menekankan program aksi dengan berorientasi pada ketahanan dan keberlanjutan. "Ini tidak mengherankan bagi saya karena merupakan periode kedua bagi Jokowi," kata Arif.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...