Pacu Ekspor Produk Kreatif, E-Commerce Jadi Andalan Pemasaran

Dini Hariyanti
29 Januari 2019, 18:40
Kriya
Katadata / DINI HARIYANTI
Produk kriya Gulaliku tampil dalam Trade Expo Indonesia 2018, di Tangerang Selatan. Furnitur dekoratif ini tak hanya menampilkan aspek fungsional tetapi juga sisi koleksi.

Platform perdagangan elektronik diharapkan menjadi andalan pemasaran produk kreatif ke pasar internasional. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menginginkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah bisa melayani pembelian retail oleh konsumen global melalui e-commerce.

Wakil Kepala Bekraf Ricky J. Pesik menuturkan, pelaku e-commerce nasional dan perusahan logistik mengaku siap menyempurnakan ekosistem bisnis kreatif agar bisa menjual produk ke luar negeri secara retail. Tentu dengan syarat, regulasi terkait memungkinkan transaksi semacam ini. 

"Kami fokuskan perhatian kepada kinerja ekspor (ekonomi kreatif) yang turun. Jangan tunggu sampai tren turun. Harus sejak sekarang genjot dan tidak secara sporadis," katanya, di Jakarta, Selasa (29/1). (Simak Telaah: Virus Meredupnya Ekonomi Tiongkok yang Mengancam Ekspor Indonesia

Di dalam Rencana Strategis Bekraf, penjualan produk kreatif ke luar negeri ditargetkan mendulang US$ 21,50 miliar pada 2019. Angka ini memungkinkan tercapai lantaran pada 2016 realisasinya sudah US$ 19,98 miliar.

Namun, imbuh Ricky, nilai tersebut turun terpengaruh penjualan kriya ke Swiss yang melandai pada 2017. Ekspor perlu dipacu guna menahan defisit neraca perdagangan. Pasalnya, ekonomi kreatif (ekraf) diarahkan menjadi kekuatan ekonomi baru pada tahun-tahun mendatang.

Pemerintah juga lebih agresif melakukan pemasaran ke luar negeri. Sekitar 80 persen dari pagu anggaran Bekraf atau sekitar Rp 500 miliar dialokasikan untuk membiayai berbagai program pada tahun ini. Program pemasaran yang dijalankan, contohnya melalui keterlibatan Indonesia sebagai market focus dalam London Book Fair 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...