Prabowo Sebut Indonesia Punah, Jokowi: Pesimistis Jangan Mengajak-ajak

Dimas Jarot Bayu
2 Februari 2019, 21:40
Presiden Joko Widodo di Semarang
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Calon Presiden petahana Joko Widodo (tengah) menyampaikan sambutan saat Silaturahmi Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/2/2019). Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh masyarakat optimistis terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah. Tanpa optimisme, akan sulit membangun negara besar dengan segala tantangannya.

Pernyataan Jokowi ini menyindir pidato Prabowo Subianto yang pernah menyebut Indonesia akan bubar dan punah. "Ada yang ngomong Indonesia bubar, ada yang ngomong Indonesia punah. Yang benar saja," kata Jokowi ketika menemui Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/2).

Menurutnya, tak boleh ada orang yang menilai pembangunan Indonesia telah gagal. Alasannya, Indonesia merupakan negara besar yang memiliki berbagai potensi, mulai dari jumlah penduduknya yang mencapai 265 juta jiwa hingga 17 ribu pulau.

Jokowi mengatakan, tidak gampang mengelola negara seperti Indonesia. "Sebagai sebuah negara yang besar, tentu saja tantangannya juga besar," ujarnya.

Meski demikian, Indonesia saat ini terus bertumbuh. Jokowi menjelaskan, Indonesia saat ini telah memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) lebih dari US$ 1 triliun.

Berdasarkan data Tradingeconomics, PDB Indonesia pada 2017 sebesar US$ 1,01 triliun atau setara Rp 13.589 triliun. Posisi Indonesia berada di peringkat ke-15 di bawah Spanyol yang memiliki PDB US$ 1,31 triliun.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...