Buleleng: Pariwisata Air Terjun dan Petualangan Bahari

Image title
Oleh Nathacia Suhendra - Tim Publikasi Katadata
4 Februari 2019, 11:29
Air Terjun di Buleleng
Katadata

Kabupaten Buleleng terus membenahi sektor pariwisata untuk memudahkan wisatawan menikmati obyek wisata air terjun dan menikmati keindahan terumbu karang.

 

Buleleng memiliki 24 air terjun. Di Desa Wisata Sambangan Sukasada misalnya, wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Aling-aling, Kroya, Dedari, serta menikmati keindahan air terjun bertingkat yang berada dalam satu lintasan sungai.

 

“Yang istimewa, air terjunnya konstan. Musim kemarau atau penghujan, wisatawan tetap bisa menikmati arus air terjun,” kata Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Bali, Nyoman Sutrisna.

 

Masih ada deretan air terjun lain, yaitu Air Terjun Sekumpul, Lemukeh, Gitgit, Kembar, Cemara, Melanting, Pucuk, dan Canging.

 

Di Air Terjun Munduk, wisatawan bisa berendam di kolam yang airnya berasal dari air terjun setinggi 20 meter. Kawasan wisata Munduk berada di daerah pegunungan.

Menuju Air Terjun Munduk, pengunjung disuguhi pesawahan terasering. Jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat tradisi membajak sawah dengan peralatan tradisional serta tradisi magangsing atau permainan gasing.

 

Selain itu, ada obyek wisata Air Terjun Pengumbahan yang terletak di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, sebuah desa yang  di ujung barat wilayah Buleleng yang tengah berkembang pesat. Lokasinya, 15 kilometer dari kawasan Taman Nasional Bali Barat.

 

Wisata Bahari Berbasis Konservasi

 

Selain air terjun, ada wisata alam bawah laut hasil konservasi masyarakat, menampilkan keragaman terumbu karang dan biota laut lainnya di Pantai Pemuteran Buleleng. 

 

Dunia internasional telah menyematkan dua penghargaan atas keberhasilan konservasi biota laut kawasan ini, melengkapi puluhan penghargaan lain. Pemuteran kini menjadi tempat snorkeling dan diving menawan yang menarik banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement