Ditopang Sentimen Global, IHSG Naik 0,56% Kembali ke Level 6.400

Happy Fajrian
14 Maret 2019, 17:59
Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Papan pergerakan IHSG. IHSG kembali ke level 6.400 setelah hari ini mengalami kenaikan 0,56%.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali ke level 6.400 pada penutupan perdagangan saham di BUrsa Efek Indonesia (BEI) Kamis sore (14/3). IHSG ditutup naik 0,56% ke level 6.413,27, walau mengawali perdagangan dengan koreksi tipis 0,04%.

Sementara itu bursa saham Asia lainnya ditutup bervariasi. Indeks Shanghai terkoreksi sebesar 1,2%, KLCI turun 0,22%, PSEi turun 0,2%, dan Nikkei turun tipis 0,2% setelah sepanjang hari bergerak di zona hijau. Sejalan dengan IHSG, indeks Hang Seng naik 0,15%, Strait Times naik 0,07%, dan Kospi naik 0,34%.

Kinerja positif IHSG didorong sejumlah sentimen global seperti peluang 'no deal Brexit' yang semakin kecil setelah mayoritas anggota parlemen Inggris menolak Brexit terjadi tanpa adanya kesepakatan dengan Uni Eropa, sehingga meningkatkan optimisme pelaku pasar.

Begitu juga kondisi perekonomian AS yang sedikit menyuntikkan optimisme setelah data inflasi Amerika Serikat (AS) periode Februari berada pada level yang lebih rendah dibandingkan periode Januari 2019, sehingga investor semakin yakin Federal Reserve akan lebih menahan kenaikan suku bunga acuannya.

(Baca: Sesi I IHSG Bertahan di Zona Hijau Naik 0,15%)

Kendati demikian, tekanan dari Tiongkok membuat sejumlah bursa Asia merosot, termasuk indeks Shanghai yang terkoreksi 1,2%. Output industri Tiongkok untuk periode Januari-Februari 2019 mencatatkan pertumbuhan terendah selama 17 tahun terakhir. Output industri pada periode tersebut hanya tumbuh 5,3%, di bawah ekspektasi pasar sebesar 5,5%.

Padahal data investasi riil Tiongkok periode Januari hingga Februari 2019 meningkat 6,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, serta penjualan barang ritel untuk periode yang sama tumbuh 8,2%, atau sedikit di atas ekspektasi pasar sebesar 8,1%. Namun dua sentimen tersebut tidak mampu menggerakkan indeks Shanghai ke zona hijau hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...