BNI Terapkan Strategi Kredit untuk UMKM Berbasis Ekspor

Image title
15 Maret 2019, 07:35
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI dukung peningkatan ekspor dengan menyalurkan KUR kepada pelaku UMKM yang berbasis ekspor.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) memiliki strategi untuk mendorong peningkatan ekspor Indonesia dengan memberikan dukungan kepada pelaku usaha asal Indonesia yang berbasis ekspor, terutama kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Direktur Tresuri dan Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo mengatakan, dalam upaya mengejar pertumbuhan transaksi ekspor, selain tetap meningkatkan layanan perdagangan kepada nasabah korporasi, BNI fokus mengembangkan pasar UMKM berbasis ekspor dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"BNI melihat bahwa UMKM merupakan bagian strategis dalam peningkatan kesejahteraan  rakyat," ujar Rico melalui siaran resmi BNI yang diterima Katadata.co.id, Kamis (14/3).

Tidak hanya memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha sebagai eksportir, BNI juga memberikan pembiayaan bagi importir yang membeli produk yang dijual eksportir asal Indonesia. Skema ini membantu terealisasinya transaksi perdagangan antar pengusaha asal Indonesia dengan importir yang ada di negara tujuan ekspornya.

(Baca: BNI Bidik 1.500 Nasabah PNM untuk Salurkan KUR)

Sementara, Pemimpin Divisi Internasional BNI Eko Setyo Nugroho menyampaikan, BNI juga memberikan pendampingan dan pelatihan kepada nasabah eksportir dan importir. Selain itu, BNI juga memberikan harga yang kompetitif dan layanan transaksi ekspor-impor yang cepat dan efisien.

Ada pun, BNI memanfaatkan Kantor Cabangnya di luar negeri sebagai sumber penyedia sumber dana murah yang akan digunakan untuk pembiayaan nasabah importir dan eksportir di dalam negeri.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...