Pekan Ini IHSG Diprediksi Bergerak Bervariasi Diwarnai Sentimen Global

Image title
25 Maret 2019, 08:16
Pergerakan Harga Saham di BEI
ANTARA

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan lalu akhirnya ke jalur positif dengan kenaikan 0,99% ke level 6.525,2 dari 6.461,1 pada penutupan pekan sebelumnya. Salah satu sentimen positif pada pekan lalu yaitu kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve yang menahan suku bunga acuannya.

Pekan ini, IHSG diperkirakan bergerak bervariasi dengan kecenderungan meningkat didorong sentimen dari rilis laporan kinerja keuangan emiten dan sejumlah sentimen global penting seperti dinamika perundingan dagang AS - Tiongkok, keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit), dan pengumuman produk domestik bruto (PDB) AS dan Inggris. Namun analis juga menilai IHSG pekan ini ada potensi terkoreksi karena aksi ambil untung investor.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji memperkirakan pergerakan IHSG akan terkonsolidasi dengan kecenderungan menguat. Pelaku pasar menantikan beberapa sentimen global penting seperti dinamika perang dagang AS - Tiongkok, Brexit, dan pengumuman pertumbuhan PDB AS dan Inggris.

"Secara domestik, para pelaku pasar akan menantikan hasil perilisan kinerja laporan keuangan emiten yang diperkirakan positif," kata Nafan Aji kepada Katadata.co.id, Minggu (24/3). Prediksinya, IHSG minggu ini bakal bergerak di level 6.455 hingga 6.585.

(Baca: Menteng Heritage Realty Incar Rp 120 Miliar dari Bursa)

Sementara, analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi, memperkirakan secara teknikal pergerakan IHSG awal pekan terlihat mulai menjenuh dan berada di zona kelebihan beli (overbought). Dengan adanya hal tersebut, dia mengindikasi bakal adanya aksi ambil untung (profit taking) seiring harga IHSG saat ini yang berada pada zona overbought tersebut.

"Kami perkirakan IHSG akan bergerak terbatas dengan diawarnai aksi profit taking," kata Lanjar. Dia pun memperkirakan, IHSG awal pekan ini bakal bergerak di area level 6.460 hingga 6.550.

Sentimen Global Dorong Penguatan IHSG Pekan Lalu

Sentimen global masih akan menjadi faktor yang cukup dominan mempengaruhi pergerakan IHSG pekan ini. Laju positif IHSG sepanjang pekan kemarin terutama dipengaruhi oleh sentimen eksternal dari pernyataan dovish dari The Fed yang memutuskan untuk tidak menaikkan Fed Fund Rate (FFR). Apalagi, sejak awal pekan, pelaku pasar sudah memprediksi keputusan tersebut.

"Tingkat suku bunga yang dipertahankan di level 2,5% tentunya memberikan katalis positif bagi menguatnya IHSG," kata Nafan Aji.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...