Tingkatkan Inklusi, OJK Terapkan Pembukaan Rekening Efek Elektronik

Happy Fajrian
28 Maret 2019, 16:07
Potensi Pasar Modal
ANTARA FOTO/Agung M Rajasa

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan simplifikasi pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) secara elektronik. Pembukaan kedua rekening tersebut yang sebelumnya bisa memakan waktu hingga 14 hari, kini akan selesai dalam hitungan jam.

"Dengan adanya inovasi pembukaan rekening secara elektronik ini proses yang lama itu bisa dipersingkat. Jadi tidak perlu menunggu lama lagi calon investor sudah bisa buka rekening dan transaksi saat itu juga," kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (28/3).

Menurut Inarno, inovasi ini merupakan tonggak sejarah bagi perkembangan pasar modal Indonesia yang sejalan dengan visi dan rencana BEI untuk mendukung transformasi digital proses bisnis dan instrumen pasar modal terutama dari sisi proses inklusi investor.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan, penyederhanaan ini diharapkan bisa meningkatkan sisi permintaan di pasar modal dan menumbuhkan tingkat penggunaan ataupun inklusi di bidang pasar modal, namun tetap menjaga tingkat keamanan transaksi.

(Baca: BEI Siapkan Pembukaan Rekening Efek Tanpa Tatap Muka)

"Implementasi penyederhanaan pembukaan rekening efek dan RDN secara elektronik mensinergikan pemanfaatan customer due dilligence (CDD) pihak ketiga antara bank-bank administrator RDN dan perusahaan efek," ujar Hoesen.

Ketentuan mengenai program penyederhanaan ini telah diatur oleh OJK dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 6/SEOJK.04/2019 yang berisi pedoman teknis pembukaan rekening efek nasabah dan rekening dana nasabah secara elektronik, penyediaan CDD pihak ketiga, serta pedoman formulir pembukaan rekening untuk nasabah individual.

Penerbitan SEOJK tersebut bertujuan agar pelaksanaan CDD dapat tetap sesuai dengan ketentuan peraturan, namun juga tetap efisien dan memudahkan aktifitas transaksi di pasar modal.

Inisiatif penyederhanaan pembukaan rekening efek dan RDN juga diharapkan bisa memperluas jangkauan perusahaan efek dalam memberikan layanan kepada investor sehingga dapat mengatasi terbatasnya jaringan pemasaran perusahaan efek yang hanya terfokus di kota besar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...