Jokowi Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia Timur

Safrezi Fitra
1 April 2019, 09:16
Jokowi Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia Timur. Ketiga kawasan ini adalah KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur, dan KEK Morotai di Maluku Utara.
www.setkab.go.id
Presiden Jokow Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di Indonesia Timur. Ketiga kawasan ini adalah KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur, dan KEK Morotai di Maluku Utara.

Peresmian akan dipusatkan di Bandara Samratulangi Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4). “Menko Perekonomian selaku Ketua Dewan Nasional KEK, sudah mengundang Bapak Bupati Kutai Timur selaku Wakil Ketua Dewan KEK Provinsi Kaltim untuk hadir dalam acara peresmian tiga KEK,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Kutai Timur Imam Sujono Lutfi, seperti dikutip Antara, Senin (1/4).

(Baca: Darmin Evaluasi Syarat Izin Kawasan Ekonomi untuk Mitigasi Bencana)

KEK Bitung merupakan kawasan ekonomi yang fokus pada industri pengolahan perikanan untuk menghasilkan komoditi ekspor berkualitas internasional. Selain perikanan, KEK Bitung juga fokus pada industri kelapa beserta produk turunannya.

Berdasarkan potensi wilayah dan keunggulan geostrategis, KEK Bitung diharapkan mendorong hilirisasi dan mendongkrak daya saing sektor perikanan, agro, farmasi. Kawasan seluas 534 hektare (ha) ini ditargetkan dapat menarik investasi Rp 32 triliun hingga 2025.

Dengan jarak sekitar 44 kilometer dari Ibukota Manado, KEK Bitung memiliki lokasi yang sangat strategis dan merupakan pintu gerbang ekonomi ke negara-negara di Asia Pasifik. Aksesnya didukung Pelabuhan Hub Internasional Bitung sebagai hub perdagangan bagi Kawasan Timur Indonesia. KEK Bitung diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan dan distribusi barang serta penunjang logistik di kawasan timur Indonesia.

(Baca: Rampung Tahun Ini, Tol Manado-Bitung Akan Pangkas Biaya Logistik)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...