Sri Mulyani Dinobatkan Menkeu Terbaik se-Asia Pasifik Ketiga Kali

Rizky Alika
4 April 2019, 13:58
Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik
@smindrawati
Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia.

Sri Mulyani Indrawati kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya setelah FinanceAsia menobatkan Sri Mulyani sebagai Menkeu terbaik se-Asia Pasifik pada 2017 dan 2018.

“Menurut FinanceAsia, Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik,” demikian tertulis dalam siaran pers yang diterima katadata.co.id, Kamis (4/4).

(Baca: Sri Mulyani Sabet Lagi Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik Global)

Pencapaian tersebut seiring dengan defisit anggaran yang rendah. Bahkan, defisit anggaran 2018 menjadi yang terendah dalam enam tahun terakhir, yaitu 1,76% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Selain itu, Sri Mulyani juga berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance) melalui program amnesti pajak yang diluncurkan pada 2016-2017. Dengan demikian, penerimaan perpajakan turut meningkat.

Melalui Global Green Sukuk, Sri Mulyani juga mengantarkan Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang menjual surat utang untuk membiayai proyek-proyek lingkungan. Adapun, nilai yang terjual mencapai US$ 1,25 miliar.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...