Caleg Muda Berebut Suara, Davin Kirana hingga Jessica Tanoesoedibjo

Hari Widowati
12 April 2019, 13:25
Calon anggota legislatif dari Partai Nasdem Davin Kirana berfoto bersama para tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di kilang NXP, Malaysia.
TWITTER/DAVIN KIRANA
Calon anggota legislatif dari Partai Nasdem Davin Kirana berfoto bersama para tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di kilang NXP, Malaysia.

Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang berlangsung serentak diwarnai oleh hadirnya 878 calon anggota legislatif (caleg) muda berusia di bawah 30 tahun. Dari Davin Kirana yang tengah viral hingga Jessica Tanoesoedibjo akan berusaha merebut suara para calon pemilih, khususnya generasi milenial.

Nama Davin Kirana, caleg termuda dari Partai Nasdem, tengah disorot. Dalam video penemuan belasan karung surat suara di Selangor, Malaysia, disebutkan ada surat suara yang sudah tercoblos untuk pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Partai Nasdem (Davin Kirana), dan Partai Demokrat.

Davin adalah putra dari Bos Lion Air Group yang juga Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana. Usianya baru 22 tahun. Ia memilih Partai Nasdem sebagai batu loncatannya di dunia politik meskipun ayahnya pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Davin yang aktif mengunggah kegiatannya di media sosial Instagram @davinkirana dan Twitter @davinkirana memfokuskan kampanyenya pada isu tenaga kerja migran. Davin beberapa kali mengunggah foto pertemuannya dengan tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di Malaysia.

Wakil Ketua DPP Nasdem Irma Suryani Chaniago menyatakan, Nasdem masih mencari kebenaran informasi terkait kabar surat suara yang sudah tercoblos di Malaysia. Ia sudah menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia namun belum bisa berbicara langsung dengan Dubes Rusdi Kirana.

Jika benar ada kecurangan yang dilakukan caleg Nasdem, pihaknya tidak segan mengambil tindakan tegas. "Kami coret, karena Nasdem taat hukum," kata Irma seperti dikutip CNNIndonesia.com, Kamis (11/4). Kasus ini masih diusut oleh pihak berwajib maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

(Baca: Surat Suara Tercoblos untuk Anak Bos Lion Air, Nasdem Cek ke Lokasi)

Ratusan Caleg Muda Berebut Suara Milenial 

Selain Davin, sejatinya ada 878 caleg muda yang tengah berebut suara pemilih milenial. Menurut Tirto.id, jumlah caleg muda dalam Pemilu 2019 ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan 2014 sebanyak 414 caleg.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi partai yang memiliki caleg muda terbanyak, yakni 171 caleg. Partai Garuda di urutan kedua dengan 84 caleg. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 81 caleg, PKB 78 caleg, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 58 caleg.

Selain itu, Gerindra dan Perindo masing-masing 56 caleg lalu Nasdem 52 caleg. Golkar memiliki 45 caleg muda, Hanura 37 orang, Partai Berkarya 35 orang, dan PDIP 34 caleg. PKS memiliki 31 caleg muda, Demokrat 24 caleg, Partai Bulan Bintang (PBB) 21 orang, dan PKPI 20 orang.

Beberapa caleg muda berasal dari keluarga yang sudah lebih dahulu terjun di dunia politik. Sebut saja Ravindra Airlangga, caleg Partai Golkar berusia 28 tahun ini adalah putra dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Caleg Perindo Jessica Herliani Tanoesoedibjo dan Valencia H Tanoesoedibjo merupakan keduanya putri dari Hary Tanoesoedibjo. Jessica berusia 25 tahun sedangkan Valencia 26 tahun. Dari Partai Demokrat ada Rizki Aulia Rahman Natakusumah, putra dari mantan Wakil Ketua MPR Dimyati Natakusumah.

Caleg termuda pada Pemilu 2019 berusia 21 tahun. Ada empat caleg termuda, yakni Azmi Zaidan Nashrullah (PKS), Lusiana Duval (Perindo), Nurinzana DG Tanaeng (PPP), dan Santi Mulyana (PSI).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...