Storytelling, Kunci agar Produk Ekonomi Kreatif Jadi Lebih Menarik

Michael Reily
13 April 2019, 07:00
storytelling
ANTARA FOTO | Irsan Mulyadi
Penceritaan produk jadi salah satu kunci keberlangsungan usaha.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyatakan gaya penceritaan (storytelling) yang kuat dapat memberikan nilai tambah yang besar. Produk ekonomi kreatif menjadi lebih menarik di mata konsumen.

Triawan mengungkapkan kurasi masyarakat sangat memperhatikan konsep sebuah produk. "Storytelling itu penting," katanya dalam keterangan sosialisasi Food Startup Indonesia di Yogyakarta, dikutip Jumat (12/4).

Dia memberi contoh produk Coklat Ndalem yang menjadi salah satu sorotan dalam pagelaran Food Startup Indonesia 2018. Kemasan produk kopi dan cokelat yang ada pada Ndalem memberikan cerita yang baik sehingga produk tersebut menjadi lebih menarik.

(Baca: Industri Kreatif dalam Bidikan Para Pengusung Modal)

Menurut Triawan, pemerintah juga telah memberikan fasilitas bagi para pelaku usaha kuliner untuk dapat meningkatkan kapasitasnya dengan menyediakan calon investor, akselerator bisnis, dan pembukaan akses pasar. Triawan meminta agar masyarakat ekonomi kreatif dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut supaya lebih berkembang.

Founder Coklat Ndalem Asri Meikawati mengungkapkan penceritaan produk jadi salah satu kunci keberlangsungan usaha. Namun, selain itu, pelaku kuliner harus memperhatikan tiga aspek kunci lain supaya produk mendapatkan kurasi yang tepat.

Pertama, kualitas produk. Kedua, pengemasan yang serius dan representatif terhadap konsep. Terakhir, laporan keuangan, proses bisnis, serta prosedur standar yang jelas dalam berbisnis. Asri menambahkan, pelaku kuliner harus selalu mengutamakan proses dalam berbisnis. "Bisnis tidak akan menjadi besar kalau founder tidak meningkatkan kapasitasnya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...