Bertemu Pemimpin Arab Saudi, Jokowi Bahas Kilang Cilacap

Dimas Jarot Bayu
15 April 2019, 06:58
Jokowi dan Menteri Energi Kerajaan Saudi Arabia membahas kerja sama Saudi Aramco dan Pertamina di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.
Katadata
Jokowi dan Menteri Energi Kerajaan Saudi Arabia membahas kerja sama Saudi Aramco dan Pertamina di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Presiden Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud menyepakati peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Arab Saudi, terutama di bidang energi dan pariwisata. Kesepakatan itu hasil pertemuan bilateral di Istana Al-Qasr Al-Khas, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, pembahasan lebih lanjut mengenai kerja sama tersebut dilakukan Jokowi dengan Menteri Energi Kerajaan Arab Saudi Khalid Al-Falih, usai bertemu Salman. Isu yang dibahas di antaranya kerja sama Saudi Aramco dan Pertamina di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Advertisement

Retno mengatakan, masih ada satu isu yang tertunda dalam pembicaraan tersebut, yakni terkait masalah valuasi aset. Jokowi meminta agar isu tersebut bisa segera diselesaikan. "Sekembalinya ke Indonesia, Presiden akan melakukan pertemuan dengan beberapa menteri untuk menyelesaikan masalah ini," kata dia seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (14/4).

(Baca: Potensi ‘Cerai’ Pertamina dan Saudi Aramco di Kilang Cilacap)

Selain kerja sama di bidang energi dan pariwisata, Retno menyebut pihak Saudi tertarik untuk bekerja sama di bidang industri petrokimia. Rencananya, akan ada kunjungan dari Saudi ke Indonesia guna membahas hal tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement