Kejar Target Lifting, Pertamina EP Gencarkan Kegiatan Sumur Migas

Image title
15 April 2019, 19:49
Pertamina EP
Pertamina EP
Pertamina EP

PT Pertamina EP akan agresif untuk meningkatkan lifting minyak dan gas bumi (migas) pada tahun ini. Anak usaha PT Pertamina itu mentargetkan produksi siap jual minyak sebesar 85 ribu barrel oil per day (bopd) dan lifting gas 145 ribu barrel oil equivalent per day (boepd).

Untuk mencapai target tersebut, Pertamina EP berencana melakukan 1.512 kegiatan sumur di sepanjang 2019. Target tersebut terdiri dari pemboran 102 sumur, kegiatan work over  alias pengerjaan ulang 264 sumur, dan pemboran sumur produksi sebanyak 1.146 sumur.

(Baca: Pertamina EP Temukan Cadangan Gas di Sumur Eksplorasi Morea Sulteng)

Direktur Operasi dan Produksi Pertamina EP Chalid Said Salim mengatakan 50 % kegiatan sumur hendak dilakukan di aset lima, terutama di wilayah Kalimantan. "Kalau kami lihat, masing-masing aset cukup merata, ada 12-15 sumur. Di aset lima yang paling banyak," ujar Chalid dalam paparannya di Jakarta, Senin (15/4). "Inilah yang kami pertahankan untuk men-support target tadi."

Sejauh ini, upaya Pertamina EP baru mampu mempertahankan produksi migas hingga kuartal I 2019. Chalid menyebutkan rata-rata produksi minyak harian PEP sepanjang kuartal I 2019 sebesar 83 ribu bopd.

Produksi Pertamina EP sendiri dalam empat bulan pertama 2019 cukup fluktuatif. Pada Januari 2019, rata-rata produksi hariannya 83 ribu bopd. Namun pada bulan berikutnya justru menurun ke angka 82 ribu bopd.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...